Kamis, 03 November 2011

Ekspresi Hati Untuk Berkarya

 

Berbuatlah sesuai dengan hati, karena hati tak pernah berbohong. Hati lah yang membedakan kita dengan makhluk lainnya. Oleh sebab itu, pergunakan lah hati dengan sebaik - baiknya. Jagalah hatimu, Karena hati juga sebagai mesin dalam tubuh yang menggerakkan manusia. Maka itu, pergunakan hati dalam setiap usaha kita. Karena hati bisa menentukan mana yang baik dan mana yang benar. Banyak orang yang melakukan suatu aktivitas hanya dengan otak nya saja, tanpa menggunakan hatinya, itulah terkadang yang membuat aktivitas menjadi terasa hambar rasanya.

Hati adalah indra perasa yang bisa merasakan ikatan spiritual antara kita dengan Allah. Oleh sebab itu, dengan mempergunakan hati dalam setiap akitivitas kita, kita berarti juga melibatkan Allah dalam aktivitas kita. Insyaallah, dengan adanya Allah bersama kita, segala hal yang akan kita lakukan akan menjadi lancar urusannya dan berkah hasilnya. Serahkan semua pada Allah, biarlah Allah yang menentukannya. Karena Allah zat yang maha mengetahui, Allah mengetahui mana yang terbaik untuk kita di masa depan.

Seperti karya - karya tulis ini, aku mencoba untuk selalu melibatkan Allah dalam setiap kalimat yang aku buat. Karena hanya Allah lah yang Maha Kuasa, Hanya Allah lah yang mampu menyatukan hati para pembaca dengan karya tulis ini. Oleh sebab itu, mari kita senantiasa berdoa kepada Allah agar Allah selalu mengarahkan hati kita kepada kebaikan. Sebuah karya yang baik, itu dihasilkan dari hati yang baik pula. Karena sebuah karya merupakan hasil dari ekpresi antara Pikiran dan Hati. Maka dari itu, Jagalah hati kita agar kita bisa menghasilkan karya yang bermanfaat bagi orang lain.

Menciptakan sebuah karya tidaklah cukup dengan pikiran, begitu juga sebaliknya hati juga tidak akan bisa untuk melahirkan sebuah karya tanpa pikiran. Pikiran dan Hati adalah kombinasi alat yang ada pada manusia yang berguna untuk menciptakan sebuah ide, karya, dan hal - hal lainnya yang berguna. Berikan suplemen - suplemen untuk pikiran dan hati. Karena manusia memiliki 3 "alat" penting yaitu Ruh, Akal , dan Jasmani. Berikanlah suplemen dari "alat" itu masing - masing, agar tercipta keseimbangan dalam tubuh kita. Agar kelak karya yang kita ciptakan pun, bukanlah karya yang biasa, bukan lah karya yang hanya dibaca sesekali, tetapi karya yang memiliki ikatan antar si pembaca dan karya tulis itu sendiri. Setelah karya yang kita ciptakan telah selesai, jangan pernah lupa berdoa kepada Allah, agar karya yang kita ciptakan bisa bermanfaat bagi semua orang, Kita hidup bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi kita juga hidup untuk orang lain. Teruslah berkarya.

Penulis : Arga Nur Pratama

Tidak ada komentar:
Write komentar