Selasa, 19 April 2016

Menciptakan “Emotional Banking”

 

Saya beli makan atau beli sesuatu dari orang lain kadang bukan karena saya kepengen buat beli. Tapi untuk bisa ngebangun hubungan komunikasi yang baik kedepannya. Saya beli nasi goreng di kafetaria kantor ini, supaya saya bisa punya hubungan yang baik dengan para penjual makanannya.
Apalagi yang bisa bikin orang punya keberpihakan ke kita selain kita memberikan apa yang mereka butuhkan. Mereka pasti butuh pembeli untuk ngebeli makanan mereka. Ditambah lagi pas mau beli kita ngomongnya sambil senyum dan ramah. 
Kalau kata atasan saya dikantor sih ini namanya “Emotional Banking”. Jadi kita itu semacam naruh emosional ke mereka. Jadi, kalau suatu waktu butuh apa-apa, mau minta tolong juga enak.
Biar lebih dapat gambarannya, coba aja deh tonton film House of Cards. Salah satu anggota kongres Frank Underwood, kadang nyempatin untuk makan iga panggang di warung pinggir jalan. Lama berjalan, akhirnya terjalin hubungan pertemanan antara Frank dengan Freddy si pemilik warung iga bakar tadi. 
img.src : popscreen.com

Tidak ada komentar:
Write komentar