Jumat, 31 Agustus 2012

Sejarah dan Kemajuan Bangsa

China merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar didunia, yang mencapai jumlah milyaran manusia. Meski China merupakan negara yang kecil dan memiliki jumlah penduduk yang besar, tetapi China mampu menjadi sebuah raksasa baru dalam dunia perekonomian dunia. Hampir seluruh segmen pasar dikuasai oleh mereka, mulai dari barang – barang yang kecil seperti rautan pensil hingga ke teknologi. Berbeda dengan negara kita Indonesia yang memiliki negara yang besar dengan kekayaan alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang besar juga, belum bisa mengimbangi negara China. 

Jika kita perhatikan 5 negara peringkat teratas dalam hal jumlah penduduk terbesar didunia, hanya Indonesia yang memiliki pertumbuhan ekonomi dan teknologi yang lambat dibanding 4 negara lainya. China, Brazil, India dan Amerika seperti yang kita ketahui mereka merupakan negara – negara yang memiliki tingkat perekonomian dan kekuatan teknologi yang tinggi. Sehingga wajar saja, jika keempat negara tersebut lebih maju dibandingkan Indonesia. Ada banyak faktor sebenarnya yang mempengaruhi tentang kemajuan suatu negara. Namun disini, saya akan membahas dari segi budaya dan sejarah. Hal ini dikarenakan keterbatasan ruang untuk membahas permasalahan ini lebih dalam. 

Budaya dan sejarah sangat erat kaitannya, kedua hal ini saling terhubung karena budaya itu sendiri muncul dari sejarah. Sudah seharusnya kita sebagai rakyat Indonesia mengetahui riwayat sejarah yang sebenarnya dari bangsa ini. Agar kita mengetahui bagaimana karakter bangsa ini yang sebenarnya. Soekarno sendiri pernah mengatakan, yang biasa kita kenal dengan JAS MERAH yaitu Jangan Sekali – kali Lupakan Sejarah. Begitu juga dengan bangsa – bangsa lain, seperti jepang. Kita tau bahwa bangsa Jepang adalah bangsa yang disiplin, itu tentunya tidak lepas dari sejarah bangsa mereka terdahulu sebagai seorang samurai. Tidak cukup dengan hanya mengenal sejarahnya saja, namun juga harus di amalkan. 

Di film The Last Samurai dengan aktor Tom Cruise, diceritakan tentang bagaimana kedisiplinan seorang samurai. Hingga para samurai tersebut rela berjuang untuk mempertahankan budaya mereka dengan menentang budaya yang datang dari barat. Itulah bagaimana luar biasanya mereka mempertahankan budaya asli dari nenek moyangnya. Sebenarnya melihat sejarah bangsa Indonesia, negara ini juga memiliki hikmah sejarah yang luar biasa. Sebuah sejarah yang mencatatkan perjuangan rakyat untuk memperjuangkan kemerdekaan ini. 

Dengan persenjataan yang seadaanya pada masa penjajahan rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya. Perjuangan juga dilakukan melalui jalur diplomatik, yang menandakan bahwa negara ini juga memiliki orang – orang yang cerdas. Namun sangat disayangkan sekali, banyak riwayat – riwayat sejarah bangsa ini yang disembunyikan oleh kaum – kaum yang menginginkan kehancuran pada bangsa ini. Oleh sebab itulah, banyak sekarang kita lihat kondisi bangsa ini seperti kehilangan jati dirinya yang sebenarnya. Budaya – budaya buruk dari bangsa lain telah di injeksi kan kedalam bangsa ini. 

Bangsa ini seakan terkena suatu virus yang membuat nya menjadi kehilangan arah dan sulit untuk bangun dari ketidaksadarannya. Bangsa ini butuh vaksin untuk melenyapkan budaya – budaya buruk yang diinjeksikan ke bangsa ini. Kita tidak boleh hanya berdiam diri dan menerima secara pasrah membaca buku – buku pelajaran sejarah yang ada disekolah saja. Kita harus mau menelusuri referensi – referensi buku sejarah lainnya, untuk mengetahui sejarah bangsa kita yang sebenarnya. Sejarah bangsa ini tidak akan cukup jika hanya ditulis pada 1 buku saja. Kenali sejarah kita dan konsisten dalam mempertahankannya, agar bangsa kita menjadi bangsa yang berkarakter dan memiliki arah yang harus dicapai untuk menjadi bangsa yang kuat dan maju.

0 komentar:

Poskan Komentar