Selasa, 19 April 2016

Menulis Itu Bagian Dari Terapi

 




Saya suka nulis, makanya saya bikin fanpage, blog dan juga buat nyalurin hobi yg satu ini, saya juga aktif di media sosial. Dan satu hal yang saya pelajari waktu mau bikin tulisan adalah, " saya gak akan pernah mau bikin tulisan yang saya gak nguasain tentang materi yg mau saya sampaikan".
Tujuan saya nulis selain nyalurin hobi juga buat ngeskpresiin perasaan saya. Jadi kalau ada penat, atau lagi pusing mikirin sesuatu, mending saya tulisin biar jadi lega. Abraham Lincoln ngelakuin ini juga ternyata. Waktu ada staffnya cerita kalau dia lagi kesal sama temannya, Mr. Lincoln suruh dia nulisin kekesalannya di kertas. Terus kirim kertas itu tadi ke temennya. Abis itu staffnya tadi nulisin rasa kesalnya. Besoknya Mr. Lincoln nanyain ke staffnya apakah kertasnya udah dikirim apa belum. Lantas si staff nya bilang, kalau di gak jadi ngirim kertas yg isinya rasa kesal tadi. Karena si staff udah merasa lega dengan tercurahkannya perasaan kesalnya lewat tulisan.
Dan tadi juga, kenapa saya gak mau nulis tentang materi yg saya gak kuasain karena nanti pas ditengah tulisan saya pasti bingung. Saya bakalan bingung buat bikin kelanjutan isinya. Daripada saya paksain kata-katanya, ntar malah jadi tambah pusing lagi.
Dan memang, dari yang pernah saya liat di TV, menulis juga sebenarnya jadi terapi buat ngilangin stress atau trauma. Biasanya, kalau si pasien ga suka nulis tentang perasaannya, pasien tadi bakal disuruh untun ngegambar. Dari hasil tulisan ataupun gambarnya itulah nanti dokternya bisa memahami kondisi psikis pasiennya.
Pramoedya Ananta Toer, " Menulis itu adalah pekerjaan untuk keabadian".

Tidak ada komentar:
Write komentar