Selasa, 21 Februari 2012

Ingin Belajar C++ & Pengalaman Coding

 

Sudah lama aku ingin belajar bahasa pemrograman ini. Menurutku, karena memang bahasa pemrograman ini bisa digunakan di banyak platform. Ditambah lagi, bahasa ini juga bisa digunakan untuk mikrokontroller. Jadi aku ga perlu susah - susah untuk belajar Assembly. Senang rasanya bisa kuliah di Institut Teknologi Telkom selain rasa senang karena bisa kuliah disitu aku juga senang karena aku diterima di jurusan yang kuimpikan selama ini yaitu Jurusan Tek. Informatika. Alasanku memilih jurusan ini adalah karena aku pengen membuat program yang nantinya bisa disesuaikan untuk kebutuhan manusia. Pertama kali belajar bahasa pemrograman rasanya senang banget, diajarin Coding, Algoritma, Sorting dll. Setiap program yang sudah selesai dibuat rasanya memiliki kepuasan sendiri untukku. Coding itu sebenarnya asik sekali, tapi bukan berarti Coding itu mudah lho. Coding juga Susah, tapi disitu letak kepuasannya. Disitulah saat - saat aku berjuang keras untuk membuat algoritmanya. Bahkan terkadang aku juga sempat putus asa karena program yang aku buat gagal atau ga bisa di Compile. Tapi tak apa, aku gak akan menyerah yang penting aku harus berusaha dan tak lupa juga aku harus selalu dalam keadaan tenang dalam melakukan Coding. Aku merasakan bahwa membuat program itu butuh kerja keras disaat aku Praktikum Pemrograman Komputer. Saat praktikum aku diberi soal - soal yang 90% semuanya harus membuat program. Wah, ketika melihtanya soalnya saja sepertinya sudah sulit sekali. Hmmm, tapi apa boleh buat mau tidak mau aku harus tetap berusaha memecahkan masalahnya kedalam Code. Memang ada beberapa soal yang mudah dan ada juga yang susah. Kalau pas dapat yang mudah masih enak ngerjainnya, tapi giliran dapat yang susah hadeuh mumetnya minta ampun. Kadang harus bolak balik panggil kakak Asistennya, buat bantuin mecahin Code nya. Tapi, disitulah aku mulai belajar dan menyadari bahwa Kerja Keras itu benar - benar dibutuhkan dalam peng-Codingan. Aku pun tak menyerah, aku tetap mencoba dan mencoba meski kadang "Compile Error" yang ku temukan. Hingga akhirnya, aku coba mengerjakan nya dengan tenang dan belajar dari kesalahan algoritma yang salah tadi. Alhasil program itu berhasil aku buat, Wah rasanya puas sekali ketika program itu selesai dibuat dan bisa dijalankan. Memang betul kata temanku, tidak ada yang bisa menggantikan kerja keras dan sesuatu yang dilakukan dengan kerja keras akan memberikan kepuasan sendiri bagi mereka yang melakukannya. Hmmmm, mulai dari situ aku sadar bahwa untuk membuat program itu yang terpenting adalah berlatih dan berlatih dengan kerja keras. Bukan semata - mata karena IQ yang tinggi, tapi karena Jerih Payah lah program itu bisa dibuat.

Itulah saat - saat awal aku mulai membuat program. Dulu waktu aku SMA pernah ingin belajar bahasa pemrograman, tapi yang aku pelajari hanya teori nya saja. Jadi waktu aku mulai kuliah, lupa dech ma bahasa pemrograman yang dulu udah aku pelajari. Kini aku mulai lagi belajar bahasa pemrograman, dan bahasa pemrograman yang aku pelajari pertama di Kampus adalah bahasa Pascal. Sekarang aku ingin melanjut ke bahasa yang lain, Yaitu bahasa C++, Java, CSS, Javascript dan PHP. Untuk sementara aku ingin belajar yang ini dulu, karena menurut ku bahasa pemrograman itu lah yang paling banyak digunakan saat ini. Kata Dosen PTI ( Pengantar Teknik Informatika ) yang terpenting adalah Algoritmanya, jadi kalau kita udah tau algoritmanya nanti kita tinggal nyesuain aja ke bahasa pemrograman lainnya. Biasanya yang membedakan bahasa pemrograman 1 dengan yang lainnya adalah Syntax nya saja. Jadi, intinya aku harus lebih banyak belajar dan berlatih agar aku dapat mengusai bahasa pemrograman yang aku impi - impikan. Sebenarnya mengapa aku tertarik membuat program adalah karena aku suka banget ngelihat orang yang membuat program, karena menurut pandanganku orang yang membuat program itu terlihat keren. Jadi aku pengen seperti mereka juga, melakukan suatu aktivitas yang membuat orang berdecak kagum ketika melihatnya. Alhamdulillah, kini aku sedang berada dalam tahapan itu. Dalam tahapan untuk menjadi seperti mereka, semoga aku bisa menjadi seorang Programmer yang hebat. Aku ga nyangka, aku bisa seperti saat ini sekarang. Oleh sebab itu, aku harus banyak - banyak bersyukur karena Allah telah menunjukkan dan membawaku kepada mimpi - mimpiku. Terima Kasih ya Allah, karena engkau telah membawa ku kepada jalan yang mengantarkan ku kepada mimpiku. Mudahkanlah Jalanku untuk mewujudkan mimpi - mimpiku, dan kuatkanlah tekadku ya Allah.

By : Arga Nur Pratama

Tidak ada komentar:
Write komentar