Selasa, 21 Februari 2012

Sadarilah Hakikat Hidup Ini

 

Kujalani hidup ku dengan tenang dan sabar sambil menatap kedepan. Menatap kebelakang hanya akan menambah derita jika itu adalah masa yang pahit. Lebih baik fokus untuk kedepan, bersiap melewati tantangan karena sesuatu yang terjadi dimasa lalu takkan bisa terulang lagi. Aku sendiri kadang merasa sedih jika mengingat masa laluku, masa lalu yang membuat ku menyesal karena aku baru sadar hal - hal yang mestinya aku harus perbuat dimasa lalu itu. Tapi karena masa lalu itulah aku bisa mendapatkan pelajaran yang berharga, yang insyaallah tidak akan terluang lagi di masa depan. Aku percaya bahwa kita hari ini adalah produk dari masa lalu kita. Oleh sebab itu dari aku harus memikirkan masa lalu yang sudah tidak mungkin terulang lagi, lebih baik aku melakukan yang terbaik di masa sekarang agar kelak masa depan ku menjadi baik juga. Semua itu butuh kerja keras bukan sekadar santai menanti mimpi mendekati kita. Aku suka dengan kata - kata Rock Lee yang ada di anime Naruto "Jika kamu percaya dengan impianmu aku akan membuktikan padamu bahwa kamu bisa meraih impianmu hanya dengan bekerja keras" kata - kata itu menambah semangatku dan aku yakin insyaallah dengan kerja keras aku akan mewujudkan mimpi - mimpiku. Ada banyak rintangan yang harus kuhadapi sekarang, rintangan yang datang dari beberapa faktor. Rasa putus asa itu sendiri memang kadang timbul disaat aku tak bisa melewati rintangan tersebut. Serasa bahwa hidup ini tak guna lagi, kadang aku termenung sendiri memikirkan nasibku apakah nanti aku bisa menjadi orang yang berhasil ? dan segala pikiran - pikiran buruk lainnya yang menggangguku disaat rasa cemas berkecamuk karena tidak bisa melewati rintangan ini. Seperti biasa, aku hanya membaca kata - kata motivasi dan memperbanyak amalan - amalan ibadah. Kepada Allah lah aku bergantung dan cobaan yang datang ini pun dari Allah oleh sebab itu lah aku yang hanya sebagai manusia biasa ini hanya bisa mengadukan pada Allah. Cobaan yang datang kepada ku pun aku yakin, itu tidak akan melebihi kesanggupanku karena Allah tau kesanggupan hambanya masing - masing. Setelah kesusahan pasti ada kemudahan, benar lah Firman Allah itu setelah rasa susah yang kualami itu kemudian muncullah rasa senang yang datang dari arah yang tidak disangka - sangka. Aku tidak mengira bahwa kesenangan itu muncul dari hal yang tidak pernah kuduga sebelumnya dan itu seperti mendapat Door Prize.

Semakin terasa sesak masalah yang kita hadapi itu, berarti itu menandakan bahwa masalah itu akan menghilang. Layaknya seutas benang yang semakin tegang ditarik maka akan semakin mudah untuk putus. Hal yang perlu dilakukan juga untuk menghadapi masalah adalah bersabar. Bersabar bukan berarti pasrah dengan keadaan yang ada, tetapi sabar adalah tetap berjalan meski ada beban. Aku sangat ingin mewujudkan mimpi - mimpiku, mimpi - mimpi yang nantinya aku berharap bisa membahagiakan orang lain disekitarku juga. Hidup ini bukan sekadar hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Sebaik - baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Hidup di dunia ini hanya sementara, kebahagiaan yang abadi itu di Surga. Tetapi kadang banyak orang begitu obsesi dengan kehidupan dunia bahkan terkadang aku juga sama seperti mereka. Godaan syetan yang memang kuat, tapi itu bukan alasan kita untuk menyerah. Kata - kata hidup ini sementara......., kata - kata itu kujadikan sebagai alat untuk memotivasi ku disaat aku cemas. Karena aku tidak tau kapan waktu nya aku dipanggil oleh yang Maha Kuasa. Maka dari itu, Kejarlah akhirat tapi jangan lupakan dunia juga.

Aku ingin membahagiakan orang - orang, karena mereka lah aku menjadi semangat dan karena semangat itulah yang telah mengantarkan ku ke keadaan sekarang. Aku yakin, setiap perbuatan yang kulakukan takkan berarti sia - sia. Semuanya pasti akan dibalas oleh Allah, dan Allah tau balasan yang terbaik untukku. Balasan yang diberikan dengan balasan yang terbaik, di tempat terbaik dan waktu yang terbaik. Janji Allah itu pasti, Allah tidak akan berbohong pada hambanya. Sungguh bersyukur aku bisa menjadi hambanya, begitu banyak yang telah Allah berikan padaku Karena dengan bersyukur Allah akan menambahkan nikmatnya pada kita.

By : Arga Nur Pratama

Tidak ada komentar:
Write komentar