Minggu, 12 Februari 2012

Saatnya Bangkit Di Jalan Dakwah ini

 

Dulu ketika aku di SMA, aku mencari jawaban atas pernyataan guruku. Guru mengatakan bahwa kita membutuhkan dakwah bukan dakwah yang membutuhkan kita. Terus berfikir, aku merenung kadang sendirian, mencari di internet. hingga aku lulus SMA aku masih belum mendapatkan jawabannya. Tapi, subhanallah Allah memang pengasih, Allah memberikan jawaban itu ketika aku berada di perkuliahan ini. Aku bisa merasakan dan mengetahui apa jawaban dari yang dikatakan oleh guruku. insyaallah kini aku tau jawaban "Mengapa kita membutuhkan Dakwah". Aku tau jawaban ini, ketika aku berada di masa transisi karena adanya perpindahan habit dari di sumatera ke jawa barat ini. Pada masa transisi itu, hidupku terasa hampa dan kosong. Ternyata setelah ku pikir - pikir, aku sadar ada beberapa hal yang kurang aku lakukan. Yaitu "Dakwah", setelah aku menyadari hal itu aku berusaha untuk berdakwah melalui dari hal - hal yang terkecil. Ku perbaiki niat, ku tingkatkan amal yaumiah semua itu kulakukan untuk menambah semangat dakwah ku.



Yah, setelah aku melakukan itu semua, kurasakan ada perubahan besar dalam hidupku. Ntah mengapa seakan hidupku dan urusan ku menjadi lebih mudah jalannya. Inilah mungkin salah 1 hikmah dakwah yang kurasakan. insyaallah akan ada banyak hal luar biasa lainnya lagi yang akan ku temukan di jalan dakwah ini. Surat Cinta yang Allah sampaikan di Al quran, di situ disebutkan " Siapa yang menolong agama Allah, maka Allah akan menolongnya". Dari ayat yang Allah sampaikan itu, begitu dalam maknanya untukku. Dengan ayat itu, aku memotivasi diriku untuk selalu istiqamah dalam jalan dakwah ini. Luar biasa bukan ketika kita ditolong Allah maka siapapun tak akan ada yang bisa menghalanginya, itulah yang Allah janjikan kepada para kekasihnya. Coba bayangkan ketika anda menjadi kekasih seorang penguasa di dunia ini, tentunya siapapun yang ingin berbuat jahat kepada anda, penguasa tersebut akan melindungi kita. Apalagi jika kita menjadi kekasih Allah, Tuhan pemilik Alam Semesta.



Dakwah itu jalannya terjal, tidak banyak orangnya, dan panjang jalannya. Tidak semua orang bisa menjalankan tugas ini. Karena tugas dakwah ini adalah tugas yang berat, oleh sebab itu hanya orang - orang yang kuat lah yang bisa memikul tugas ini. Dalam perjalanan dakwah ini nantinya akan ada banyak tantangan yang ditemui oleh para Da'i/Da'iah,hanya mereka yang sabar dan pentang menyerahlah yang bisa melewatinya. Tugas ini akan panjang jalannya, tentunya harus ada bekal yang akan dibawa oleh pengemban tugas dakwah ini. Bekal keimanan, Niat, Semangat dan Amal yang kita lakukan. Jalan ini akan diisi oleh duri - duri tajam, meski pahit jalan ini, tapi aku yakin diakhirnya akan terasa manis hasilnya. Seperti Oasis yang ada di Padang Pasir, Ketika kita ingin menuju Oasis itu, akan ada banyak tantangan yang harus kita lalui, tapi lihatlah diakhir perjalanan itu akan ditemukan Oasis yang dapat menyejukkan hati para pengelananya. Seperti itulah Dakwah itu, Mari kita bangkit Para Pemuda Muslim.



Mungkina ada masa - masanya kita dalam keadaan iman melemah, tapi itu bukan menjadi hambatan dan alasan untuk kita berhenti berdakwah. Jikalau Iman Kita melemah, Jadikan lah itu motivasi bagi kita untuk meningkatkan Iman kita menjadi lebih kuat lagi. Tingkatkan amal - amalan yang lainnya, dan jalani dengan Sabar. Meski letih, jangan pernah berhenti. Ingat lah pesan dari Abu Ruhiah Ustd. Rahmat Abdullah "Teruslah bergerak hingga kelelahan itu lelah mengikutimu. Teruslah berlari, hingga kebosanan itu bosan mengejarmu. Teruslah berjalan, hingga keletihan itu letih bersamamu. Teruslah bertahan, hingga kefuturan itu futur menyertaimu. Tetaplah berjaga, hingga kelesuan itu lesu menemanimu”. Semoga kita semua para Kader Dakwah, bisa mengingat pesan ini dan bisa menjadi motivasi kita untuk terus berdakwah dijalan Allah. Ingatlah, Dakwah Itu Indah.





Penulis : Arga Nur Pratama

Tidak ada komentar:
Write komentar