Selasa, 19 April 2016

Based on True Story : Entrepreneurship dan Ketergantungan pada Allah

 


Cerita ini saya tulis based on my experienced dalam ngejalanin usaha catering saya. Sering dengarkan kalau kata orang dengan berwirausaha itu bisa bikin kita lebih sering ingat sama yang Mahakuasa. Awalnya saya juga masih belum ngerasain dan masih mencari - cari jawaban dari pernyataan mereka.
Sekilas mikir, mungkin kalau berwirausaha kita bisa lebih banyak menginfaqan harta kita dan menolong banyak kebutuhan orang. Tapi sebenarnya bukan malah itu yang saya rasakan. Ada hal lain yang malah bikin saya termenung. 
Jadi gini, sifatnya kita berdagangkan kalau pelanggan makin banyak artinya omzet kita makin bertambah banyak juga, gitu juga sebaliknya. Masalahnya adalah, gimana caranya nih supaya kita bisa dapat banyak pelanggan. Nah, disinilah saya baru mulai ngerasain. Ketika pelanggan saya masih sedikit, disitulah saya mulai harap - harap cemas dan memohon sama Allah. Berharap kepada Allah agar pelanggan catering saya bisa tambah banyak. Sampai pas doa setelah sholat, pas ngeliat daftar pelanggan, pas mau beli bahan makanan, itu malah ngingetin saya untuk memohon sama Allah agar pelanggan saya bisa tambah banyak lagi.
Gini yah, soalnya saya selain berwirausaha, saya juga jadi karyawan disalah satu perusahaan. Beda banget rasanya, soalnya kan kalau jadi karyawan itu gajinya tetap, tiap bulan insyaallah udah dapat. Jadi kadang gak terlalu cemas buat mikirin ntar dapat uang darimana. Alhasil, saya gak terlalu banyak berdoa buat itu. Palingan doanya umum, minta diberi kemudahan dan diperlancar rezekinya. Atau juga mohon agar bisa memberikan performa kerja yang baik bagi perusahaan, sehingga benar - benar bisa berkontribusi. Beda kalau berwirausaha ini, doanya spesifiiiik bangeettt,  itu juga pake perasaaan dan disitu saya benar - benar ngerasa rendah bangetlah dihadapan Allah. Tapi gak berarti juga mereka yang jadi karyawan itu jarang ngingat Allah, mereka juga pasti sering ngingat Allah, cuma kan pastinya punya cara dan rasa yang berbeda - beda.
Tapi itu sih, saya benar - benar kerasa lah. Pagi ma malam pas nyiapin catering, selalu mohon sama Allah supaya pelanggan bisa nambah. Karenakan kita punya tanggungan tenaga kerja yang masak sama yang nganterin cateringnya. Jadi kalau pelanggannya gak nyampe batas minimal, ntar tenaga kerjanya dibayar pake apa dong ? masa pake cinta, hehee.
Saya jadi inget status teman di FB, kalau rezeki itu memang hakikatnyaunpredictable. Tapi justru itulah yang bikin kita jadi lebih sering berdoa. Dan saya bersyukur banget usaha catering saya ini sampai sekarang masih bisa jalan. Selain memang menambah pendapatan, senang juga rasanya bisa jadi jalan rezeki orang lain. Maksudnya adalah bisa mempekerjakan orang, dan bisa ngasih upah kerja ke mereka. 
Mudah - mudahan, terlepas apapun profesi kita saat ini, baik karyawan ataupun entrepreneur, semoga kita tetap rajin buat ingat sama Allah.
Maaf yah, kalau alur ceritanya gak sistematis. :D

Tidak ada komentar:
Write komentar