Kamis, 21 April 2016

Membuat Strategi Cadangan

 

Kamis 21 April 2016  ini saya melakukan report untuk progres startup saya. Saya datangnya telat karena memang tidak tahu kapan acaranya mulai. Saya ngeliatin presentasi dari tim startup lainnya MasyaAllah luar biasa keren. Mereka sampai terperinci bikin bisnis modelnya, roadmapnya MVP dan proses lainnya yg saya ga kepikiran.

Saya bikin slide seadanya sih memang, tapi bukan berarti asal-asalan juga. Soalnya konsep produknya kalau saya udah hafal diluar kepala (ngeless aja hehe). Karena tim lain keren dan keliatan prepared banget, saya ga boleh ngikutin arus presentasi mereka. Saya harus bisa ciptain arus atau style saya sendiri. Kenapa gitu ? Kalau saya ngikutin style presentasi dari tim lainnya, ntar jadi gampang buat dibandingin. Dan jelas saya yg bakalan keliatan lemah, karena kurangnya persiapan.

Style yg saya bikin adalah dengan mengganti sudut pandang yg udah ada. Saya sampaikan deskripsi produknya, fiturnya, dan strategi saya dalam memasarkan produk ini (dan ini yg menjadi ujung tombaknya).
Saya sampaikan kalau Key Partnernya adalah pemerintah, tapi ini jadi kelemahan juga jadi kekuatannya. Kerjasama dengan pemerintah akan membutuhkan proses yg cukup memakan waktu, karena harus mengikuti proses birokrasi yg ada.  Saya sampaikan keluhan itu, (dan akhirnya  arah pembicaraan mulai berubah) GM dari inkubatornya langsung ngejawab keluhan saya.

Beliau bilang kalau yg menjadi pembina di BTP ini adalah Bupati Kab. Bandung. Beliau menyampaikan harapan dari pak Bupati kedepannya bisa mendigitalisasi Kab Bandung ini. Sama seperti tetangga sebelahnya,  kota Bandung yg sudah mulai menerapkan Smart City. Bahkan orang-orang yg terlibat di Smart City pun diambil dari startup yg diinkubasi di Bandung Digital Valley (BDV). Beliau berharap, untuk mendigitalisasikan kabupaten ini, orang-orang yg terlibat diambil dari startup yg diinkubasi BTP (dan akhirnya strategi saya berhasil).

Abis itu saya ditanya, kapan kira-kira aplikasi ini bisa selesai ? Saya bilang, kemungkinan Agustus pak. Terus bapaknya jawab, bisa lebih cepat gak mas ? Yaudah saya bilang, insyaallah bisa pak. Saya juga gak pengen nyia-nyiain kesempatan ini, belum tentu ada lagi kedepannya. Saya tersenyum, dan teman2 dari startup lainnya juga tertawa. Dengan sambutan senyum tadi, berakhir juga sesinya saya buat presentasi. Pas saya balik ke tempat duduk, saya disambut baik sama teman2, dan ada juga ya bilang "selamat ya, pasarnya langsung dapet nih". Sama ada satu mahasiswi disebelah saya juga bilang "semangat kak..!". Dalam hati saya, alhamdulillah akhirnya proses ini bisa saya lewati dengan baik.

Dan mahasiswi tadi, saya seneng sama karakternya. Supel dan komunikatif, jadi ngobrol sama dia juga rasanya nyaman.
Kayaknya dia udah biasa buat bersosialisasi sama orang-orang, makanya dia bisa supel gitu.
Satu lagi, Selamat Hari Kartini ya.

Tidak ada komentar:
Write komentar