Selasa, 19 April 2016

Menjaga Pandangan Adalah Obat Galau

 


Masa muda memang masa - masanya mulai tertarik sama lawan jenis. Ini juga yang dijadiin alasan sama anak - anak muda zaman ini buat pacaran, katanya supaya ada teman buat curhat, penyemangat buat belajar dan lain - lain.

Tapi kenapa kenyataannya kenapa malah banyak yang galau karena masalah tertarik sama lawan jenis ini. Sering pula karena masalah ini, banyak aktivitas - aktivitas lainnya yang terganggu. Kuliah atau sekolah males, ibadah males, sedih menyendiri, dan banyak hal lainnya yan terjadi. 

Disini saya coba sedikit berbagi cara saja supaya tidak mudah galau karena masalah ketertarikan dengan lawan jenis. Caranya sangat mudah, inshaallah dengan cara ini penyakit galau itu akan dapat diminimalisir dan syukur - syukur menghilang. 

Caranya adalah dengan Ghaddul Bashar atau menjaga  pandangan. Kenapa harus menjaga pandangan, alasannya karena kalau kita semakin lama menatap lawan jenis maka semakin melekat pula bayangan wajahnya pada pikiran kita.



Semakin melekat gambaran wajahnya pada pikiran kita inilah yang membuat kita galau, karena pikiran kita bakal mikirin dia terus. Ini bukan masalah wajahnya cantik, indah, sexy atau seperti apapun, tapi sudah menjadi hal yang pasti ketika kita sering melihat wajah lawan jenis kita, maka wajahnya akan terngiang - ngiang di pikiran kita. 

Logika nya seperti ini, ada begitu banyak wanita cantik di negeri ini, lebih khususnya lagi disekitar kita. Kita tau wajah selebriti itu cantik - cantik, tapi kita tidak sampai terngiang - ngiang atau galau mengingatnya. Alasannya adalah karena kita tidak terlalu lama menatap wajahnya. Meskipun serin melihat wajah artis, tapi kita hanya melihatnya secara sekilas - sekilas saja, tidak sampai terlalu lama. 

Berbeda halnya dengan wanita yan ada disekitar kita, terutama wanita yang berada dalam satu organisasi, kelas atau kampus. Kita akan lebih mudah terngiang - ngiang dengan wajahnya, karena kita sering bertemu. Akhirnya karena sering bertemu dan bertatap muka, munculnya benih - benih perasaan itu. Tidak heran jika ada pepatah jawa yang mengatakan “Cinta itu muncul karena terbiasa”.

Maka dari itu pentingnya dibuat hijab ketika syuro adalah untuk memfasilitasi hati dan mata agar terhindar dari pandangan yang berlebihan pada lawan jenis kita. Namun, tidak selamanya pula kita bisa sering menggunakan hijab dalam rapat atau apapun, maka gunakanlah Hati sebagai hijabnya. 

Ingatlah surah annur 30 - 31 yang menyuruh kita untuk menundukkan pandangan, agar hati dan mata kita senantiasa terjaga. Ingat juga hadits bahwa pandangan mata terhadap lawan jenis adalah bagian dari panah - panah setan. 

Dalam surah annur pun yang pertama kali diperintahkan untuk menundukkan pandangan adalah laki - laki. Untuk dari itu, sangat khusus sekali kepada para lelaki, senantiasa lah untuk menundukkan pandangannya agar terhindar dari penyakit galau ini. 

Ada banyak cara sebenarnya, seperti zikir agar hati kita tidak kosong dengan pikiran - pikiran lain, tetapi selalu terisi dengan mengingat Allah. “Jadilah pria tampan dan manis dalam tatapan ilahi, inshaallah Allah akan menyiapkan wanita yang terjaga pula yang dihadiahkan kepadanya”

“…dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” (An Nuur: 26)

Tidak ada komentar:
Write komentar