Selasa, 19 April 2016

Nasihat Guru Gua Tentang Waktu Mandi

 


Akhirnya, rehatnya udah selesai. Mandi dengan body cleanser yang harumnya cukup bikin gua lebih percaya diri sebagai seorang pria, hahaha. Abis mandi lanjut ngerjain  Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Departemen Kaderisasi KAMMI Daerah Kab. Bandung. 
Tapi karena judulnya kali ini tentang mandi, gua mau cerita tentang mandi aja bukan tentang LPJ. Soalnya tadi pas mandi gua keingat lagi sama pesan guru gua pas di SMA. Kekuatan Ruhiah guru gua kayaknya luar biasa nih, bahkan setelah bertahun - tahun pesan itu disampein, gua masih kebayang aja.
Sebenarnya pesannya simple sih, dan ini ada kaitannya dengan kesehatan. Tapi plis jangan tanya lebih jauh ke gua tentang proses - proses biologisnya, karena gua bukan ahli biologi.
Pesan guru gua, kalau mandi sebaiknya jangan pada saat perubahan suhu. Misalkan jangan mandi ketika waktu perubahan antara sore dengan malam. Karena ini bakal ngaruh ke kesehatan. 
Gua udah lupa efeknya gimana dan mengapa itu dilarang. Gua cuma taunya segitu aja, “Jangan mandi pada saat perubahan suhu”. Jadi daripada mandi pas perubahan suhu dari sore ke malam, lebih baik mandi malam sekalian, tapi juga jangan terlalu kemaleman. 
Itu sih pesen dari guru gua. Sebagai mutarabbi yang baik, gua sih nurut dengan pesannya. Bukannya takliq, gua dulu tau alasannya, cuma sekarang udah lupa aja kenapa hal itu dilarang. Bagi yang ahli dalam dunia kesehatan mungkin bisa bantu buat jawab.

Tidak ada komentar:
Write komentar