Selasa, 19 April 2016

Nasihat At-Thalaq Ayat 2-3

 


Perlu banyak - banyak merenung, bahwa setiap produk yang kita beli akan selalu ada manual guide-nya. Manusia, untuk bisa melalui kehidupan didunia ini juga sudah Allah berikan Manual Guide-nya. 
Allah berikan Al-Quran, dari sekian banyak manusia hanya sedikit yang membacanya. Dari yang sedikit membacanya, lebih sedikit lagi yang mempelajarinya. 
Saat Jumat kemaren masuk kerja, atasan saya bercerita tentang ayat yang beliau dapat dari Guru ngajinya. Saat ini beliau sedang mendapat ujian, namun ternyata ujian tersebut yang semakin menguatkan keimanannya pada yang Mahakuasa. Beliau semakin rajin mempelajari Agama ini, dari nonton tausyah di youtube, baca buku, dan juga qodoyah ke Guru Ngajinya.
Guru ngaji beliau memberi nasihat dari Surat At -Thalaq ayat 2-3. Berikut isinya :
“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq: 2-3) 
Terus kemudian, muncul pertanyaan apa sebenarnya Taqwa itu ? Beliau coba cari tahu lagi, dan dapatlah makna dari Taqwa bahwa taqwa itu :
1. Selalu merasa takut kepada Allah
2. Selalu menambal keburukan dengan kebaikan
3. Dan memperbaiki Hablum minannas (Hubungan sesama manusia)
Nasihat itulah yang kemudian disampaikan juga kepada saya. Karena nasihat tadi, akhirnya saya pengen buat jadi orang yang Bertaqwa. Sering sih dengar kata taqwa, kirain cuma sekedar taat beragama. Ternyata ada makna yang lebih spesifik, yaitu 3 hal yang disebutkan diatas. 
Oiya biarlah lebih mudah, ini saya tulis poin - poin dari ayat diatas.
#Supaya dapat jalan keluar, maka bertaqwalah
#Bagi yang bertaqwa, Allah juga akan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka - sangka
#Agar dicukupkan keperluannya, maka harus bertawakkal.
Semoga kita bisa mentadabburi ayat diatas lebih jauh lagi. Dan menemukan tanda - tanda kebesaran Allah.

Tidak ada komentar:
Write komentar