Selasa, 19 April 2016

Efek Negatif dari Sosial Media

 


Perkembangan teknologi yang begitu pesat mengantarkan kita pada sebuah teknologi yang dapat menjalin hubungan melalui dunia maya. Kabar baiknya adalah kita bisa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang - orang yang jauh jaraknya. Adanya sosial media juga menjadi sarana pencarian informasi dan juga sebagai sarana bagi perusahaan - perusahaan komersil untuk lebih dekat dengan palnggan. 

Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh Profesor dan co - directors dari Sloan Center for Internet Retailing di School of Business Administration, Donna Hoffman & Tom Novak yang mengatakan adanya implikasi pada perusahaan, yang mana menambah fokus di pemasaran dan iklan di sosial media.

“Dengan sosial media menginvasi kehidupan kita, membuat kita ingin tahu kenapa orang - orang menggunakan itu dan implikasi dari sosial media tersebut, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan dan kesehatan orang - orang”, kata Hoffman, professor of marketing dari Albert O. Steffey.


Sebuah Perasaan Yang Semu
Steven Strogatz dari Universitas Cornell mengatakan bahwa situs sosial media bisa membuat kita lebih sulit untuk membedakan antara hubungan yang sebenarnya di dunia nyata, dan banyak juga hubungan yang hanya sementara  saja terbentuk dari sosial media.

Dengan memfokuskan banyak waktu dan energi kita pada hubungan yang sementara atau semu ini,hanya akan membuat hubungan kita menjadi pudar dengan orang lain. 

Candu Dengan Social Media
Sebuah tim penelitian yang dikepalai oleh Wlhelm Hoffman dari Universitas Chicago menyimpulkan bahwa twitter lebih  susah untuk dicegah daripada rokok dan alkohol. Tim tersebut menggunakan Blackberry untuk mengukur tingkat daya tarik pada sosial media dari 205 orang dengan usia antara 18 dan 85 tahun.

Hasilya menunjukkan bahwa setiap hari kontrol diri pada sosial media, rokok, dan alkohol semakin menurun, dan tingkat pengontrolan  diri pada sosial media adalah paling tinggi kegagalannya. Dan Penelitian lainnya juga menghubungkan kecemasan, sulit tidur, depresi dan masalah psikis lainnya ke orang - orang yang suka menghabiskan banyak waktu untuk Online

Menurunkan Produktivitas
Wired.com mengumumkan 2 hasil penelitian mereka tentang turunnya produktivitas yang disebabkan oleh sosial media. Nucleus Research melaporkan bahwa facebook mencukur 1.5 % dari produktivitas kantaro ketika Morse mengklaim bahwa perusahaan - perusahaan di  inggris kehilangan 2.2 miliar setahun diakibatkan fenomena sosial media ini. 

Privasi
Di dunia maya membuat kita menjadi lebih bebas untuk mempublish sesuatu. Mempublish foto - foto dari kegiatan - kegiatan yang sedang kita lakukan, atau mempublish perasaan - perasaan kita kedalam status - status dan tweet di sosial media.

Adanya aktivitas tersebut membuat peluang kepada orang - orang untuk melihat aktivitas - aktivitas kita yang ada didunia maya. Saat ini pun banyak perusahaan - perusahaan yang membaca profil - profil dari para pelamar kerjanya untuk melihat karakter dari pelamarnya tersebut. 

Tidak ada komentar:
Write komentar