Selasa, 19 April 2016

Pemerintah Bukan Menjadi Key Partner Utama

 

Ini lagi ada kendala yang dihadapi buat pengimplementasian aplikasi yg akan dibuat MangoTech. Selain masalah teknis untuk pengembangannya, masalah lain yang juga penting adalah di Business Model Canvasnya.
Jadi kemaren pas masukin berkas buat persyaratan inkubasi, salah satu Key Partner-nya adalah pemerintah. Menurut saya, ini nih yang bakal jadi kendala kedepannya. Kenapa jadi kendala ? Karena buat kerjasama dengan pemerintah perlu ngelewatin beberapa birokrasi. Dan protokoler banget, apalagi kalau saya gak punya terlalu banyak relasi di pemerintahan. Mau ketemu pemerintah/pejabat yg terkait pasti bakal susah. Gimana Mobile App-nya bisa di jalanin, kalau nanti buat ketemu sama pemerintahnnya aja susah. Pun, semisal udah ketemuan belum tentu juga nanti disetujui.
Memang sih ini kedengaran kayak rasa pesimis. Tapi sebenarnya ini buat langkah antisipasi aja. Soalnya saya pernah mau nawarin ide buat penguraian sampah styrofoam ke pemerintah, sampai sekarang belum jadi buat ketemuannya. Mandek sampe bawahannya sang pejabat aja. Ini juga yang saya khawatirin buat Mobile App yg lagi dikembangin tim startup saya. Takutnya ntar aplikasi udah jadi, terus pemerintah yg jadi Key Partner-nya ga mendukung, habislah sudah.
Makanya itu, langkah antisipasi (Contingency Plan) yg saya buat adalah dengan merubah Business Model Canvas-nya. Mengganti Key Partner yang sekiranya lebih mudah untuk gandeng. Dan sebisa mungkin mengurangi ketergantungan (dependency) dari elemen lain. Kayak aplikasi Instagram (IG) misalnya, aplikasi IG ga harus kerjasama dengan pemerintah atau suatu organisasi dulu supaya aplikasinya bisa dipakai banyak orang. Foundernya tinggal launching di Play Store, dan orang-orang tinggal langsung pakai.
Lebih baik di-Reshape dari sekarang, daripada nanti harus kerja dua kali dan menuai kekecewaan.
Jaya Indonesia...

Tidak ada komentar:
Write komentar