Selasa, 19 April 2016

Semua Pasti Pernah Bersalah

 

Kadang gua berfikir rendah diri ketika melakukan kesalahan. Disitu selain gua merasa bersalah, gua juga langsung berfikir bahwa orang - orang akan menjudge gua. Mulai deh muncul prasangka - prasangka buruk, mereka bakal jauhin gua, mereka bakal benci ke gua dan prasangka - prasangka lainnya.
Haduh, ini memang hal yang wajar. Disaat down seperti itu, syetan pasti akan datang memberikan bisikan kejahatan kedalam dada manusia (An - Nas 4-5) yang akhirnya muncul prasangka buruk tadi. Padahal juga sebenarnya Allah udah ngingetin hambanya di di Al Quran kalau apa yang kita prasangka kan itu sebenarnya gak ada. 
Tapi ya namanya manusia yang iman nya naik turun, memang agak susah untuk terhindar dari pikiran - pikiran kayak gitu. Dengan kondisi yang demikian, gua coba bawa nyantai aja. Siapa sih orang didunia ini yang gak punya kesalahan ? Sekelas Rasulullah yang udah dijamin masuk surga aja pernah bikin salah. Gua coba generalisir bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, dan itu memang fakta. Dan fakta itu cukup melegakan buat gua.
Jadi gak usah khawatir lah ketika melakukan kesalahan. Kalau memang salah terus  kita sadar setelah melakukannya, maka segera mohon ampun sama Allah dan langsung ditambal dengan kebaikan. 
Enough, i want to write something else. I have to read more, learn more, and talk less. 

Tidak ada komentar:
Write komentar